fbpx
membalas email dalam bahasa Inggris

Membalas Email Dalam Bahasa Inggris Dengan Profesional

kampunginggrisbe.id (Membalas Email Dalam Bahasa Inggris Dengan Profesional) – Hai BEstie! Pernahkah kamu menerima email dalam bahasa Inggris? Biasanya email seperti ini adalah email tawaran pekerjaan atau undangan interview kerja. Jika email tersebut merupakan email yang penting, pastinya kita haru membalas email tersebut. Akan tetapi jika email itu ditulis dalam bahasa Inggris, apakah kamu akan membalasnya dalam bahasa Indonesia? Tentunya tidak dong. Kamu haru membalas email tersebut dalam bahasa Inggris. Nah, berikut ini MinBE akan memberikan tips tentang membalas email dalam bahasa Inggris secara profesional. Simak informasinya sampai habis ya!

Membalas Email Dalam Bahasa Inggris

Gunakan Tools Penerjemah

Bagi kamu yang masih takut salah ketika menulis dalam bahasa Inggris, kamu bisa menggunakan berbagai tools yang ada di internet untuk menerjemahkan tulisan kamu. Ada banyak tools yang bisa kamu gunakan, dan salah satu yang paling populer adalah Google Translate. Akan tetapi kamu perlu hati-hati dalam menerjemahkan kalimat dengan Google Translate, terkadang tools ini akan membuat tulisanmu menjadi berantakan secara tata bahasa.

Kamu bisa menulis dengan formal lalu menerjemahkan kalimatnya menggunakan tools penerjemah. Menulis dengan formal akan menjadikan kalimat dan tata bahasamu menjadi baku, sehingga ketika diterjemahkan kalimatnya akan lebih tertata. Selain itu untuk menghindari kesalahan grammar, kamu bisa menggunakan Grammarly untuk memeriksa dan mengoreksi penulisan kamu.

Balas Email Dengan Segera

Segerakanlah untuk membalas email yang kamu terima, kenapa? Karena recruiter memiliki waktu yang terbatas. Recruiter pastinya telah menghubungi banyak email termasuk kamu. Maka jika kamu menunda-nunda atau terlalu lama dalam membalas email tersebut, kesempatan kamu diterima akan semakin sempit, hal ini juga bisa menjadi penilaian keseriusan kamu dalam melamar pekerjaan. Bisa jadi jika kamu sangat lama membalas email tersebut, recruiter menganggapmu tidak bisa menghadiri undangan yang telah dikirimkan.

Gunakan Format Profesional

Gunakan format yang profesional dan bersifat formal. Jangan membalas email seadanya dengan berkata “yes” atau “yes, I can attend”. Kamu harus tetap membahas email email dengan format yang profesional seperti memperkenalkan diri, mengucapkan salam, memberikan alasan, serta ucapan terima kasih, dan penutup. Dengan membalas email dengan cara tersebut, kamu akan dinilai sebagai orang yang profesional serta mengerti etika. Hal ini juga sebagai first impression bagi seorang recruiter yang akan mempertimbangkan kamu untuk diterima bekerja. Meskipun seandainya kamu menolak undangan tersebut, kamu juga harus membalasnya dengan cara yang baik dan profesional.

Periksa Kembali Email yang Sudah Kamu Buat

Terakhir coba cek kembali emailmu untuk memeriksa dan mengoreksi kesalahan yang mungkin terjadi. Siapa tau kamu menulis email tersebut dengan terburu-buru sehingga kemungkinan terjadi kesalahan juga semakin besar. Umumnya kesalahan yang bisa kamu temui adalah kesalahan terkait dengan typo dan tanda baca. Selain itu kamu juga bisa memeriksa kembali penulisan tata bahasa agar lebih sempurna.

Format Penulisan Email

Salam Pembuka

Menulis email sama seperti menulis surat remi. Kamu harus mencantumkan salah pembuka untuk orang yang kamu tuju. Kita sering menemui tulisan salam pembuka seperti “Yth. Bapak/Ibu” a”au “Kepada Bapak/Ibu”. Jika dalam bahasa Inggris, kamu bisa menuliskannya dengan “Dear Mr/Mrs” atau langsung saja ditujukan kepada recruiternya seperti “Dear Recruiter PT….”. Ini akan membuat balasan emailmu menjadi formal.

Body Email

Selanjutnya adalah body email. Body email berisi balasan inti atas email yang dikirimkan kepadamu. Sebelum memulai kalimat, pastikan kamu mengucapkan terimakasih terlebih dahulu atas dipilihnya kamu sebagai kandidat yang lolos seleksi awal. Sampaikan ketersediaanmu mengikuti tahapan seleksi. Atau jika kamu menolak undangan tersebut, sampaikan pula alasanmu dengan jujur.

Thank you very much for the invitation to interview for the [job title] position. I look forward to our virtual meeting on Wednesday, the 13th, at 9:30 AM.

I understand that we will be using Zoom, and that the URL and password will be provided to me on the day before the interview via email.

Penutup

Selanjutnya jika ada salam pembuka, pastinya ada salam penutup. Salam penutup bisa kamu sampaikan dengan ucapan terimakasih, atau “salam hormat” dalam bahasa Indonesia. Apabila kamu menolak undangan, pastikan kamu mengucapkan maaf pada salam yang kamu tulis. Contoh salam penutup dalam bahasa Inggris biasanya ditulis dengan ucapan “sincerely”, “kind regards” atau “regards”.

Informasi Kontak

Kamu juga bisa mencantumkan kontak informasi pada emailmu. Seperti nama lengkap, alamat, nomor yang bisa dihubungi atau profil Linkedin kamu. Informasi kontak ini akan berguna apabila recruiter sewaktu-waktu menghubungimu melalui media lain. Informasi kontak ini bisa kamu cantumkan di atas atau di bawah email balasan kamu.

Hal-hal Yang Perlu Kamu Perhatikan

Subjek Email

Jangan lupa untuk menuliskan subjek email dalam email balasan kamu. Subjek email ini biasanya sudah ditentukan oleh recruiter untuk dapat memilai dan menemukan email dengan subjek yang sama. Suabjek bisa berupa tujuan email atau posisi pekerjaan yang kamu lamar. Subjek merupakan salah satu hal penting yang harus kamu perhatikan.

Tujuan Menulis Email

Sampaikan juga tujuanmu menulis email tersebut. Jika email tersebut berisi udangan interview, kamu bisa menuliskan tujuanmu untuk mengkorfirmasi undangan atau kehadiranmu dalam interview yang akan dilakukan. Dalam bahasa Inggris, kalimat yang bisa kamu gunakan adalah “I’m writing to confirm the interview details for the Social Media Officer position…”.

Menanyakan Hal Yang Perlu Kamu Persiapkan

Selain itu kamu juga bisa menanyakan hal-hal apa saja yang perlu kamu persiapkan saat proses interview nanti. Bertanya dapat menjadi nilai tersendiri seperti kesiapan kamu dalam mengikuti tahapan interview. Bertanya juga akan memberikan kamu kejelasan sehingga kamu tidak akan kesulitan karena kamu sudah mempersiapkan apa saja yang sibutuhkan saat interview.

Konfirmasi Waktu dan Tempat

Meskipun waktu dan tempat pastinya sudah dituliskan pada undangan, akan tetapi tidak ada salahnya jika kamu mengkonfirmasi ulang. Hal ini untuk menghindari jika ada kesalahan dari recruiter ketika menuliskan waktu, tanggal, dan tempat. Jika kamu mengkonfirmasi ulang hal tersebut, recruiter akan sadar apabila ada kesalahan pada undangan yang diberikan sehingga akan mengoreksi jadwalnya untukmu.

Itulah beberapa cara dan tips dalam mebalas email dengan bahasa Inggris. Dari sini dapat kita ambil kesimpulan bahwa bahasa Inggris merupakan kemampuan yang dibutuhkan serta penting dalam dunia profesi, maka dari itu untuk menghadapi tantangan yang ada. Kita perlu meningkatkan skill berbahasa Inggris kita. Ada banyak cara untuk meningkatkan kemampuan ini, salah satunya adalah mengikuti kursus bahasa Inggris.

Kamu bisa mengikuti kursus bahasa Inggris di Titik Nol English Course, lembaga kursus ini menyediakan program pembelajaran bahasa Inggris mulai dari dasar hingga TOEFL dan IELTS, yang bisa kamu ikuti secara offline di Kampung Inggris Pare maupun online. Kamu akan belajar bersama tutor yang sudah berpengalaman dalam bidang pembelajaran bahasa Inggris, dengan kurikulum yang terintegrasi, dan pastinya seru dan menyenangkan. Kamu bisa mengintip program kursus Titik Nol English Course, mendaftar kursus, atau mengikuti informasi menarik seputar bahasa Inggris dan beasiswa dengan klik button di bawah ini:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Chat Admin